Kamis, 28 Maret 2013

Pengertian Buku Teks Menurut Beberapa Ahli

PENGERTIAN BUKU TEKS

Pengertian Buku Teks menurut Beberapa Ahli:
TELAAH BUKU TEKS
Pengertian buku teks menurut beberapa ahli.
1.      Hall-Quest, 1915 dalam Tarigan, 1986:11
Buku teks adalah rekaman susunan rasial yang disusun unruk maksud-maksud dan tujuan-tujuan instruksional.
2.      Bacon, 1935 dalam Tarigan, 1986:11
Buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.
3.      Buckingham, 1958, dalam Tarigan, 1986:11
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran.
1.      Lange, 1940
Buku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.
2.      Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standart, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.
3.      Tarigan & Tarigan, 2010
Buku teks pelajaran merupakan buku yang dipakai untuk mempelajari atau mendalami suatu subjek pengetahuan dan ilmu serta teknologi atau suatu bidang studi, sehingga mengandung penyajian asas-asas tentang subjek tersebut, termasuk karya kepanditaan (scholarly, literary) terkait subjek yang bersangkutan.

3 komentar: